Electronic Book
PERENCANAAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN ANALISIS SWOT (STUDI KASUS : JAJANAN KAKI LIMA)
Jajanan kaki lima merupakan salah satu usaha kecil kue rumahan yang memulai usahanya sekitar tahun 2000-an dengan memproduksi dan menjual berbagai jenis jajanan pasar atau kue gorengan seperti pastel, risoles, donat, roti goreng yang berada di kota Sampit Kotawaringin Timur dan alamat di Jalan Pembina Gg.Cendrawasih No.213. Usaha ini merupakan usaha keluarga yang di jalankan oleh keluarga Ibu Wenny dan suami (alm) dan keempat anaknya dibantu oleh 1 orang pegawai. Namun dalam usaha yang dijalankan Ibu Wenny belum menerapkan sistem informasi yang terintegrasi sehingga terdapat beberapa kendala yang dialami.Tujuan perencanaan pengembangan ini untuk mengidentifikasi sistem penjualan dan pemasaran pada jajanan kaki lima usaha kecil kue Ibu Wenny. Pada penelitian ini menggunakan metode SWOT dan BMC, kemudian mengembangkan bisnisnya dengan analisis value chain dan GAP. Metode SWOT dan BMC digunakan dalam penelitian terdahulu yang sudah dilakukan untuk melihat strategi ide penjualan dan pemasarannya, Sedangkan dalam pengembangannya peneliti menambahkan analisis value chain dan GAP untuk mengidentifikasi nilai produk beserta menentukan apakah kinerja produk sudah dilakukan dengan maksimal. Hasil penelitian ini menunjukan pada business model canvas Kue Ibu Wenny saat ini masih menggunakan model bisnis yang tradisional. Pada analisis SWOT menghasilkan dimana Kue Ibu Wenny dapat melakukan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi untuk mengembangkan bisnisnya. Hasil tersebut menjadi landasan pada hasil business model canvas yang baru dimana strategi pengembangan dilakukan pada semua elemen dengan menerapkan pengembangan pasar, dan pengembangan produk untuk menjangkau Customer Segment yang lebih luas.
UNDA010633 | SI.2022 NAD p | My Digital library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain