Electronic Book
EVALUASI KUALITAS WEBSITE LAYANAN E-GOVERNMENT DISDUKCAPIL MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0
E-government merupakan kinerja pemerintah untuk mendukung proses pelayanan dan administrasi dalam penyebaran informasi kepada masyarakat menjadi lebih efisien dan efektif. Website layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu website e government berada di Kotawaringin Timur beralamatkan https://disdukcapil.kotimkab.go.id/. Website disdukcapil telah dikembangkan pada tahun 2022 dan belum dilakukan evaluasi berkala. Untuk memenuhi persyaratan kualitas website yang berkualitas tinggi maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala dengan kegunaan, informasi, dan kualitas layanan. Pada proses evaluasi peneliti menggunakan metode Webqual 4.0 yang memiliki tiga dimensi pengukuran kualitas website yaitu, usability, information quality dan service interaction quality. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner menggunakan teknik purposive sampling kepada pengguna yang pernah menggunakan website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta penelitian menggunakan 100 responden. Penelitian dapat disimpulkan secara parsial dengan tingkat signifikan hasil uji lebih kecil dari 0.05 maka variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna yaitu kualitas kegunaan dengan nilai signifikan 0.001 < 0.05 dan Thitung > Ttabel (3.343 > 1.98498) serta kualitas layanan dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 dan Thitung > Ttabel (8.410 > 1.98498), sedangkan yang tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna yaitu kualitas informasi dengan nilai signifikan 0.606 > 0.05 dan Thitung < Ttabel (0.517 < 1.98498).
UNDA010636 | SI.2022 NAD e | My Digital library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain